Rabu, 31 Oktober 2007

mAkNa kEhiDuPan BuaT aQ

Kehidupan. Kalau kita bicara masalah kehidupan sudah semestinya kita tau arti kehidupan dulu. Nah kata kehidupan berasal dari kata "hidup" yang berarti tidak mati. Imbuhan ke-an berarti proses. Sedangkan kalau kita ambil satu persatu dari makana kata maka kehidupan berarti proses manusia atau makhluk lain untuk melanjutkan kedaannya agar tidak mati. Jadi kehidupan merupakan bagian dari siklus hidup manusia dimana manusia harus bertahan di kondisinya yang seperti apapun.
Sekarang giliran aku untuk mendevinisikan dan mendeskripsikan arti kehidupan. Menurutku hidup itu harus punya tujuan. Seseorang pasti ingin tujuan hidupnya terarah. Namun beberapa orang tidak berpikir demikian. Mereka cenderung asal-asalan menjalani hidup dan tentunya tak punya tujuan hidup. Biasanya orang yang tidak punya tujuan hidup memiliki latar belakang yang agak gelap. Mereka merasa terasingkan dari dunia nyata. Merasa tidak pernah dianggap ada. Lalu si orang-orang ini lari dari kenyataan . Mencari dunianya sendiri. Mereka mencari dunia maya padahal mereka hidup di dunia nyata. Oleh karena itu kita seharusnya tidak menjauhi saudara, teman, atau bahkan orang lain yang tidak kita kenal yang memiliki masalah seperti itu(hal ini ditandai dengan sikap seseorang yang cenderung suka diam, suka melamun, selalu merasa berontak/melawan, dan ciri-ciri lain yang menandakan kalu orang itu merasa tidak punya tujuan hidup). Seharusnya kita mendekati mereka. Mencoba memahami hati dan emosinya. Namun perlu di perhatikan, bahwa kita juga harus berhati-hati dalam pelaksanaan visi dan misi ini, karena bisa-bisa kita ikut terjun ke dalam dunia orang itu. Jadi ingat selalu pepatah bijak: koreksilah dirimu sebelim mengoreksi orang lain dan perbaiikilah dirimu sebelum memperbaiaki hidup orang lain.
Itu tadi masalah tujuan yang aku kemukakan. Sekarang aku akan bercerita masalah makna hidupku. Menurutku makna hidup bisa di bagi dalam beberapa bagian yang dimana tiap bagiannya masih di bagi per sub bagian. Jadi aku hanya akan menceritakan sebagian hal yang menurutku agak mengena dengan hidupku.
Makana pertama yang pernah aku adopsi didalam diriku adalah bahwa hidup itu memiliki makna sebagai proses pembelajaran dimanapun kita berada. Saat aku kecila aku sadar, o ternyata aku harus belajar sopan santun terhadap orangtua, harus belajar mengenal agama, dan belajar untuk membedakan mana yang baik dan buruk. Terkadang kita tidak menyadari kalu makna hidup adalah untuk belajar sesuatu. Namun itu nyata dan patut untuk dipercayai.
Yang kedua, aku mendiskripsikan makna hidup sebagai proses untuk berubah secara fisik maupun batin. Ini aku pelajari saat aku remaja . Dimana aku benar-benar menyaksikan hal itu. Aku merasa tertransformasi menjadi seorang saksi bisu. Saat teman-temanku gencarnya kebingungan dengan perubahan fisiknya dan beberapa merasa frustrasi terhadap perubahan emosinya yang meledak-ledak. Saat itu aku juga merasakan perubahan fisik maupun emosi. Namun aku tak seheboh teman-temanku. Karena aku tahu sesuatu yang membuatku tidak terlalu rept terhadap masalah remaja, yaitu kontrol. Kita harus mengontrol emosi kita untuk menghadapi perubahan terhadap diri kita, baik itu berupa perubahan fisik maupun perubahan pola pikir.
Ketiga sudah pasti menuju ke arah kedewasaan. Salah jika aku mengungkapkan hal ini karena aku belum dewasa. Namun aku mencoba untuk tahu makana hidup orang dewasa. Orang dewasa memiliki makna hidup untuk benar-benar serius untuk menjalani hidup agar tidak merasa rugi, baik di dunia maupun akhirat
Keempat dan seterusnya??? No comment.
Itu tadi makna hidup buatku. Seseorang harus tahu bagaiman dia hidup, akan apa dia hidup, apa yang dia inginkan dari hidup. Agar segalanya terarah sesuai kepribadian tanpa meleset fdari kaidah norma dan agama.

2 komentar:

rya_NhiETha mengatakan...

em...bagus deh...
salut buat pradana pramuka SMK negeri 2 surakarta
kak kamu dapat salam dari wijik anak kesatriyan..'
pokokke sukses deh buat kakakQ...

funmicros mengatakan...

prei ngopo